Kenali Prinsip Dasar Manajemen Waktu bagi Dirimu
Assalamu'alaikum guys.
Sudah lumayan lama ya ternyata aku ga nulis, sebenarnya alasan utama adalah MALAS. Malas itu memang sifat mayortas dari manusia. Tapi dibalik malasnya aku,
sebenarnya aku pun sedang belajar lebih dalam lagi tentang dunia blog, dimulai
dari SEO, optimalisasi media sosial, penulisan artikel di blog sesuai EBI dan masih banyak lagi. Aku belajar ilmu
blog tentunya dari teman-teman senior yang ada disalah satu komunitas dan
sering mengadakan sharing session.
Alhamdulillah meskipun malas melanda tapi masih ada alat untuk mendongkrak
semangat, agar malas juga diimbangi dengan semangat. Dari beberapa kegiatan
pula aku banyak belajar, aku lebih mengoreksi diri, sudah melakukan apa
sebenarnya aku selama ini? Finally,
aku ngerasain beberapa perubahan dalam gaya hidupku saat ini, and I hope this
situation will not change fast for next time.
Source: freepik.com |
Hal-hal yang biasa aku lakukan selalu berpatokan dengan batas
waktu, sedikit demi sedikit mulai bisa dikurangi. Kalau kalian tanya apakah
mudah? Tentu aja engga sama sekali. Coba bayangkan sebuah rutinitas yang
selalu kalian kerjakan tiba-tiba diberhentiin dengan sengaja? Pasti berat dong,
dan kadang-kadang masih keceplosan buat ngelakuin. Selain itu masih banyak
kegiatan yang sangat membutuhkan manajemen waktu yang baik masih sering
terlewatkan. Terus buat apa kita ngelakuin kegiatan kalau ujung-ujungnya ngaret,
ga jadi, ada yang kurang (meskipun manusia hanya bisa mengusahakan, akhirnya
Allah lah yang tahu)? Tapi apakah selama ini kita sadar kalau hal-hal negatif
diatas itu terjadi atas dasar diri kita sendiri yang menghendaki sampai
akhirnya kejadian. Dan lagi-lagi manajemen waktu kita bisa dibilang buruk.
Nah aku punya cara sendiri buat belajar mengatur waktu agar kegiatan berjalan lancar. Jika kalian punya cara
tersendiri silakan share juga ya di kolom komentar 😊 (Ilmu kita akan bermanfaat loh jika dibagikan kepada sesama hehe).
Baca juga: 1 Hari Hanya 24 Jam: Ini Cara Mengatur Waktu Dari Brian Tracy
Baca juga: 1 Hari Hanya 24 Jam: Ini Cara Mengatur Waktu Dari Brian Tracy
- Mana yang harus dilakukan segera
- Buat perencanaan waktu berdasar prioritas
- Jangan mengerjakan hal yang kurang penting dan menghabiskan waktu terlalu lama
- Bersiaplah untuk hal-hal yang tidak terduga
- Fokuslah pada satu kegiatan dalam satu waktu
Baca juga: 8 Tips untuk Manajemen Waktu yang Lebih Efektif
- Buatlah target yang realistis, kenali batasanmu!
- Belajar disiplin, jangan menunggu niat dan motivasi datang
Meskipun kita malas, jangan sampai
malas itu yang bikin semuanya kacau. Kalau ditanya “kapan mau sholat?” Jawabannya “nanti
aja deh, niat dulu, daripada sholat cuma gerakan tapi niatnya ga benar” atau
“mau ada yang nyemangatin ah biar semangat”. Masih mau jadi motor bobrok yang
ga bisa jalan? Kata bu nyai aku dulu “kita itu kalau ngelakuin apapun jangan
tunggu ini-itu, anggap kita motor bobrok yang ga bisa jalan. Supaya bisa jalan
gimana? Pasti butuh bahan bakar, nah disiplin itu salah satu caranya”. Disiplin
adalah penentu masa depan.
- Hargai usahamu
Setelah selesai melakukan sesuatu,
jangan pernah merasa bersalah atau merasa rendah yang berlebihan karena kurang
ini-itu. Diri kita juga butuh penghargaan agar terus konsisten dalam
menjalankan aktivitas secara positif. Boleh sih merasa bersalah dan semacamnya
tapi buat motivasi lebih maju kedepannya. Cara menghargai diri sendiri itu
beda-beda caranya. Coba dari sekarang temui kesenangan dan ketenangan diri
kita agar dapat bersahabat.
Terus semangat ya guys, ga ada proses
yang cepat, kita juga harus butuh unsur-unsur penting buat menuju sukses.
Manajemen waktu salah satu yang terpenting.
To Succeed, You need to find something to hold on to, something to motivate you, something to inspire you. -Tony Dorsett
2 Comments
Kereeen.. makasih ulasannya mbak.. mengatur waktu emang sulit dan harus punya niat yang kuat. Hihi..
ReplyDeleteIya betul mba, kadang udah niat aja masih suka lupa. Terimakasih mba sudah berkungjung ke blog saya :D
Delete